Diary Memasak : Apa part yang paling sulit dalam memasak?


Source image


Apa part yang paling susah dalam memasak? Sebenarnya pertanyaan ini, pertanyaan yang saya sering tanya ke diri saya sendiri dan baru-baru ini menemukan jawabannya :)) 

Ketika melihat mama memasak atau para chef di televisi, di benak saya yang paling sulit dalam memasak adalah 

1. Memotong bahan dengan cepat.

2. Menemukan takaran yang pas biar makanannya enak.  

3. Belanja ke warung sayur.

Tapi ternyata 3 hal tersebut bukan jawabannya. Untuk memasak nggak perlu punya keahlian memotong dengan cepat, soalnya masaknya nggak perlu terlalu cepat, slow down aja cukup. tapi kalo pengen keren perlu sih motong cepat kayak chef-chef itu :)) 

Menemukan takaran yang pas, sebenernya nggak perlu pas banget takarannya karena saya punya sendok buat nyicipin :)) jadi kalo kurang enak tinggal tambahin yang perlu ditambahin :p 

Belanja ke warung sayur, ini kalo lagi mager aja sih dan kalo bahan yang kita cari nggak ada yang bikin memasak jadi sulit :)) 


Setelah saya melalui setahun ini memasak sendiri, walau sering beli lauk juga atau dikirimin ortu, mertua dan kaka:)). Sebenernya yang paling susah dalam memasak adalah menentukan menu apa yang mau dimasak hari ini? kalo bisa yang gampang, bergizi, affordable dan hasilnya enak? Nah itu dia yang paling susah :))

Setiap mau belanja, setiap malam selalu bingung mau masak apa buat makan besok? 

Bertanya pada suami dengan berujung terserah pada keputusan saya atau kadang dia kasih saran yang itu-itu aja karena tidak ingin merepotkan saya. Tidak tahu mau memasak apa adalah yang membuat niat masak jadi sirna karena bosan dengan menu yang biasa dimasak, ujung-ujungnya masak apa adanya atau membeli lauk atau goreng telur dadar lagi :)) #mylife

Intinya jawabannya adalah bingung menentukan mau masak apa. Mungkin kamus resep saya belum banyak ya jadi terasa sulit, mungkin kedepannya akan berbeda jawabannya :)) people always grow. 

•••• 

Cara mengatasi kegalauan menentukan menu makanan, yang sudah saya lakukan :  

1. Cari inspirasi dari buku masak.

2. Tanya ibu atau mertua menu yang mudah dan enak.

3. Cari tau ibu atau kaka belanja apa mereka dan ingin buat masakan apa saja mereka, siapa tahu bisa menjadi inspirasi.

4. Kalau kamu sudah beli bahan dan bingung mau masak apa? Cari saja di YouTube contoh kamu punya bahan udang, cari di keyword YouTube "resep <udang>" atau "<udang> <nama chef favorit kamu>" atau "<udang> gampang/mudah/simple"  

Sefruit tips iseng dari saya  :)))

Comments