Menjaga Kewarasan



Pandemi virus corona menjadi topik paling trend sedunia di tahun ini. seluruh masyarakat dunia membicarakannya dalam berbagai topik mulai dari pencegahan, pengobatan, dampak, penyebab, statistik kasus kematian, pengumuman penting serta himbauan yang tiada henti mengingatkan masyarakat. Pembicaraan pandemi ini mungkin sudah bercampur antara fakta, hipotesa, opini dan hoaks. Bisa dibayangkan seberapa banyak informasi tentang corona ini dikonsumsi oleh saya pribadi atau masyarakat luas

Beberapa minggu belakangan ini saya cukup terganggu dengan media tv, sempat saya berpindah mendengarkan radio harapannya saya bisa mendengar lagu dan berita yang lebih menarik, nyatanya tidak sesuai harapan saya. radio memutar lagu tentang corona, physical distancing dan jangan mudik beberapa kali. rasanya muak sekali mendengar seluruh himbauan dan motivasi. walaupun sebenarnya himbauan itu bukan ditunjukan untuk saya yang sudah sebulan lebih bersabar stay at home. entah pada siapa yang masih saja bandel tidak stay at home. rasanya tidak adil saja saya harus mendengar himbauan itu di saat saya sudah menuruti kebijakan stay at home. 

Mungkin kewarasan saya sedikit terganggu karena seluruh informasi yang membanjiri hari-hari saya, dan saya hanya di rumah, mengerjakan pekerjaan kantor, pekerjaan domestik rumah tangga dan tidak bisa mengunjungi orang tua saya atau refreshing. rasanya ini adalah tahun melelahkan buat kewarasan saya ditambah saya sedang PMS, banyak berita duka dan dikecewakan oleh online shop yang telat mengantarkan paket padahal paket tsb urgent untuk saya.

Mungkin kewarasan saya terganggu ada di level stadium 4

Akhirnya saya mencoba mencari cara lagi untuk menjaga kewarasan saya dengan benar-benar rebahan tidak peduli saya produktif atau tidak di waktu weekend. Saya menonton film series korea sampai tamat, melihat hal yang lucu dan receh, mencoba resep masakan, belajar ilmu softskill, baca apa saja yang membuat saya bisa bahagia. itu yang terpenting saat ini. btw apakah saya tidak mengikuti berita sedikitpun? tentu saja saya masih memantau pandemi ini dan berita lain tetapi saya yang menyaring yang saya butuhkan.

Semoga kita bisa melewati pandemi ini bersama-sama dan terus berbahagia dan memaknai pandemi ini dengan cara kita masing-masing. 


Comments