Menghargai "kembalian"

Kembalian itu kalo kamu abis belanja terus kamu bayar pake uang lebih dari harganya kemudian kelebihannya dikembalikan ke kamu, karena kelebihannya itu emang hak kamu
Sebenernya Saya nggak pernah sih ngurusin kembalian, tapi kalo liat di linimasa dan keadaan mood lagi jelek saya suka ngurusin banget. (maklum ya calon emak2 eaa aamiin)
Jadi gini ..
Saya baru pertama kali banget belanja di miniso (toko pernik pernik jepang) Harga yang tertera disetiap price tag tuh 99.900, 12.900, 199.900.. pokoknya ujungnya 900 (sembilan ratus rupiah)
Saya komen dalem hati. Ini ngapain ya harganya nanggung2 gini. Paling kembaliannya juga gak ada atau dituker permen (prediksi berdasarkan pengalaman belanja di super atau mini market.. kalian tau lah ya)
Daaaaan ternyata prediksi Saya salah.
Saya belanja 49.900 kembaliannya adalah Rp. 100 (seratus rupiah) yang "dikembalikan".
Tanpa ada kata-kata template default yang biasa saya dengar.
"Kembaliannya nggak Ada"
"Boleh dituker permen ?"
bla bla ..
Ternyata mereka niat ngasih harga segitu, nyediain kembaliannya !! (terhenyak)
Lalu ada kejadian lain.
Saya pulang.. bayar parkir.
Harga parkir nya 4.000, Saya bayar dengan uang 5.000
Lalu ..
"Mba ada 2.000 ?"
"Mba ada 1.000 ?"
"Kami nggak ada kembalian"
Seketika Saya langsung kepikiran sama kembalian Rp. 100 tadii ..
(Ini udah kedua kalinya Saya diginiin sama kotak orange, saya pernah begini di kantor sendiri, Saya sampe ngobrak ngabrik isi tas dan antrian jadi panjang) yang udah jelas lah ya harusnya ada kembalian. Kotak orange ini nggak niat apa gimana ya selalu nggak ada kembalian (ah sudahlah)
Mohon maaf ya Saya sedang membesar-besarkan sesuatu hal yang kecil.
Bagi saya hal kecil itu, terlalu sia-sia  jika terlalu sering dan diabaikan terus menerus, apalagi tentang hak orang lain. Setidaknya dengan menulis Saya bisa mengeluarkan opini Saya walaupun tidak semua org setuju (namanya juga hidup) :p
Little things, but its priceless.
Kembalian hanya satu contoh, ada hal kecil yang lebih banyak dan priceless untuk diperjuangkan.
Semangat buat para pejuang !

Comments