Mohon maaf lahir dan batin.


Katanya untuk apa mengucapkan mohon maaf lahir dan batin setiap tahun toh saya sudah memafkan kamu tanpa kamu minta.

Rasanya walau sudah memaafkan seseorang apa tidak boleh mereka mengucapkan maaf secara khusus?

Katanya itu hanya tradisi.
Ya memang.

Terus kenapa ?
Apa merugikan ?
Apa dosa ?

Ini hanya sebuah pemikiran saya kenapa hal tsb sangat diperhatikan. Menurut saya selama tidak mendatangkan mudharat kepada siapapun kenapa tidak ?

Menurut opini pribadi saya Allah tahu manusia butuh jeda butuh sesuatu yang khusus untuk bermuamalah dengan sebanyak2nya dan sekhusyuk2nya.. Dan bulan ramadhan lah saat nya. Tidak hanya tentang muamalah kenapa Allah (puasa, tarawih, tahajud, baca quran, zakat) tapi kepada manusia (zakat dan saling memaafkan karena asal katanya adalah fitri kembali suci)

Kadang ada manusia yang gak pernah berani meminta maaf kemudian datanglah ramadhan, idul fitri dan syawal dan dia tau banyaknya keberkahan dari bulan-bulan istimewa tsb. Lalu kemudian memberanikan diri meminta maaf. (Indah kan?)

-----

Untuk apa minta ampun sama Allah kalo Allah Maha Pengampun ?

Karena yang mengucapkan maaf sama saja mereka tidak se-percaya diri itu dimaafkan. karena dirinya tau diciptakan dengan penuh kekhilafan. Karena salah dan dosa tidak berbau, berasa dan terlihat.

Terima maaf nya dengan baik, legakan.

Jika tidak bisa memaafkan. Istighfar. Katakan. supaya bisa sama-sama tau letak salah dan bisa perbaiki diri.

-------

Selamat Idul Fitri...
Mohon maaf lahir dan batin atas segala perbuatan dan perkataan saya yg salah, menyakitkan dan tidak berkenan.
Semoga Allah memberikan keberkahan selalu untuk seluruh umat kaum muslimin dan muslimat. Aamiin ya Allah ya rabbal alamin.

sekian opini saya. Terima kasih :)

Comments